BUKTI KESETIAAN

BUKTI KESETIAAN

Beragam cara orang menunjukkan kesetiaannya. Ada pasangan yang terus mengenakan cincin kawin. Kata mereka, "Ini bukti kesetiaan kami di hadapan Tuhan dan manusia." Ada pula yang membawa foto istri dan anak anaknya di dalam dompet. Kalau tiba-tiba rindu, foto itu dapat sedikit mengobati rasa kangen.

Sumarsih, ibunda Wawan korban tragedi Mei 1998, setiap pagi sebelum berangkat kerja singgah menabur bunga dan berdoa di makam putranya. Teman saya tak pernah sehari pun melewatkan tanggal di kalender mejanya. Ia memberi tanda silang begitu selesai jam kerja kantor. Teman yang lain telah menghasilkan puluhan ribu catatan harian. Buku-buku tebal berisi catatan itu ia simpan dengan baik.


Tetapi lebih dari semua yang telah kita lakukan, pernahkah kita berpikir tentang kesetiaan Tuhan kepada kita? Tuhan ibarat sang fajar yang setia terbit setiap hari. Ia tak pernah alpa. Seperti angin yang senatiasa berembus, seperti matahari bersinar bagi siapa saja, seperti itulah kesetiaan Tuhan. Bagaimana dengan Anda?